Kamis, 26 April 2012

cara membuat lulur sendiri


membuat lulur sendiri


Yuk buat lulur sendiri karena selain bisa menjadikan kulit cantik, bersih dan sehat kita juga tahu kandungan apa saja ya
ng terdapat dalam lulur yang kita buat sendiri, dan yang jelas tidak ada bahan kimia tambahan yang pastinya dapat membahayakan untuk kesehatan kulit kita. Selain itu bahan-bahanya juga mudah didapat dan proses pembuatannya juga tidak sulit, jadi tidak ada salahnya kita mencoba membuat lulur sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang alami.
1. Lidah buaya
Aloevera atau lidah buaya mempunyai khasiat yang luar biasa, selain untuk menyuburkan rambut, aloevera juga dapat menghaluskan dan melembabkan kulit. Hal ini disebabkan karena aloevera mengandung lignin/selulosa yang mampu menembus dan meresap ke dalam kulit, menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit, sehingga kulit tidak cepat kering serta terjaga kelembabannya. Selain melembabkan, aloevera juga berkhasiat membantu meningkatkan kadar oksigen yang berguna bagi kulit, membantu menguatkan jaringan kulit sehingga tidak mengendur, serta membantu mencegah penuaan dini.

Bahan lulur : Lidah buaya, tepung gandum, minyak zaitun, airmineral
2. Alpukat
Avocado atau buah Alpukat kaya akan vitamin E, dan mengandung omega 3, sehingga dapat menjadi antioksidan yang baik, mencegah penuaan dini, dan sebagai pelembab kulit alami. Buah alpukat juga bersifat anti inflamasi sehingga dapat mendinginkan kulit. Cocok untuk kulit kering atau yang sering berada di dalam ruangan berpendingin ruangan.
Bahan lulur : Buah aplukat matang, tepung beras merah, minyak zaitun.
3. Bengkuang
Lulur bengkuang berkhasiat untuk mencerahkan warna kulit sehingga tampak lebih putih/terang. Bengkuang memiliki sifat kimiawi dan fermakologis yang manis, dingin, sejuk, sehingga memiliki khasiat mendinginkan kulit. Kandungan antiseptik dalam bengkuang mampu mengatasi gatal-gatal di kulit, selain itu lulur bengkuang juga mengencangkan kulit sehingga kekenyalannya dapat terjaga. Kandungan kimia bengkuang adalah pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan C. Campuran jeruk nipis dalam lulur bengkuang menyegarkan kulit, dan olive oil nya melembabkan.
Bahan lulur  : Bengkuang , tepung gandum, jeruk niipis, Airmineral, minyak zaitun.
4. Wortel
Wortel kaya akan vitamin A dan Betacaroten, mengandung zat antioksidan, lulur wortel bermanfaat untuk mencegah keriput, mencerahkan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat pembentukan sel-sel kulit baru sehingga membuat kulit terasa segar dan kenyal.
Bahan lulur : Wortel, tepung gandum, minyak zaitun, airmineral.
5. Coklat
Lemak coklat atau cocoa butter yang terkandung dalam lulur coklat berkhasiat melembutkan, menghaluskan kulit. Lulur coklat juga dapat memutihkan/mencerahkan kulit. Selain itu adanya katekin (catechin) yang merupakan antioksidan yang kuat yang ada dalam coklat dapat mencegah penuaan dini, mencegah keriput, dan melindungi kulit dari polusi menjadikan kulit bercahaya dan awet muda.
Bahan lulur : Coklat bubuk, tepung bengkuang, tepung gandum, minyak zaitun, airmineral.
6. kopi
Bubuk kopi yang digosok-gosokkan akan mengeluarkan minyak, sehingga lulur / scrub kopi dapat menghaluskan kulit, membuat kulit lebih cerah. Menghilangkan lelah pada kulit, memperbaiki sirkulasi O2 dan peredaran darah tepi. Antioksidan yang terdapat dalam kopi dapat mencegah penuaan dini, mempercepat pengelupasan sel-sel kulit mati. Kulit menjadi cerah, lembab, halus.
Bahan lulur : Kopi bubuk, tepung gandum, minyak zaitun, airmineral
7. Teh hijau
Teh hijau terkenal dengan khasiatnya yang mengandung antioksidan polyphenols, vitamin C dan E. Lulur teh hijau menutrisi kulit, melancarkan peredaran darah tepi, berkhasiat mencegah penuaan dini, menyegarkan kulit, melindungi kulit dari polusi. Vitamin C nya mencerahkan kulit, dan vitamin E nya melembabkan. Lulur greentea dapat digunakan untuk mencegah jerawat, menghilangkan flek-flek hitam. Wewangiannya menenangkan, cocok untuk relaksasi.
Bahan lulur : Teh hijau, tepung beras, tepung kacang hijau, tepung kacang kedelai, minyak zaitun, Sari Bunga Melati
8. Susu
Susu kaya akan zat asam beta hydroxy alami, campuran susu dalam lulur ini tidak saja berguna sebagai peeling yang mengikis kotoran dan sel-sel kulit mati tetapi juga dapat mencerahkan kulit sehingga terlihat lebih halus dan tidak bersisik. Selain itu, kandungan protein dalam susu juga berguna sebagai suplai nutrisi yang berfungsi melembabkan sekaligus melapisi permukaan kulit agar lebih halus dan kenyal. Dapatkan kulit cerah bersinar dengan lulur Milk Bath.
Bahan lulur : Susu bubuk (khusus utk mandi/lulur), tepung bengkuang, tepung gandum, minyak zaitun, airmineral.
9. Pepaya
Pepaya mengandung berbagai jenis enzim, vitamin, dan mineral, diantaranya adalah enzim Papain, alkaloid karpaino, psudokarpaina, glikosid, karposid dan saponin, sakarosa, dekstrosa serta levulosa, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan Vitamin E. Enzim dalam buah pepaya sangat berguna untuk mengangkat sel-sel kulit yang telah rusak atau mati, dan terkenal ampuh untuk mengobati jerawat. Selain itu vitamin-vitamin yang terkandung dalam pepaya dapat mencerahkan, melembabkan, dan meremajakan kulit karena sifatnya yang menangkal radikal bebas sehingga mencegah keriput datang lebih cepat.
Bahan lulur : Pepaya matang, tepung gandum, minyak zaitun, airmineral
10. Strawberry
Buah yang satu ini banyak mengandung asam salisilat (salah satu jenis asam beta-hidroksi) yang membantu mengencangkan kulit), serta vitamin B, C, E, dan K. Lulur strawberry selain untuk mengencangkan kulit juga menyehatkan dan meremajakan kulit. Cocok digunakan hampir oleh semua jenis kulit. Wewangiannya yang khas menjadikan lulur ini cocok untuk terapi relaksasi.
Bahan lulur : Strawberry, Tepung Gandum, minyak zaitun, airmineral

Tidak ada komentar: