Kamis, 26 April 2012

Menghilangkan Flek-flek Hitam Pada Wajah


Menghilangkan Flek-flek Hitam Pada Wajah

Bekas jerawat/flek pada wajah sangat menjengkelkan. Bagaimana cara menghilangkannya?
Cucilah muka dengan dengan air kelapa hijau dan biarkan kering sampai kurang lebih satu jam. Setelah itu, cucilah dengan air dingin. Manfaat ramuan ini selain menghilangkan flek2 juga bisa membuat kulit halus dan licin.
Air cucian beras yang berwarna putih seperti santan, disaring dan diendapkan satu malam. Airnya kita buang hasil endapannya dioleskan pada wajah yang terdapat flek atau bekas jerawat, setelah kering lalu bilas dengan air. Lakukan kegiatan ini secara rutin agar mendapatkan kulit yang bersih dan putih.
Sediakan susu murni dan jeruk nipis, campur kedua bahan tsb, lalu oleskan ke muka tunggu sampai kering, lalu bilas dengan air hangat. Selain membantu menghilangkan flek2 juga membuat kulit kita menjadi putih bercahaya.

Bedak Jerawat

Bahan:
2 ruas temu giring
2 ruas kunyit
1 butir jebuk sari
1 buah kulit jeruk purut
Khasiat:
Temugiring dalam ramuan ini berguna untuk menghaluskan kulit, sedangkan kunyit kerap dipakai sebagai bahan kosmetik. Jebuk sari berkhasiat antikuman, dan kulit jeruk untuk membersihkan kulit.
Cara Membuat:
Kupas semua bahan dan cuci bersih. Lalu tumbuk semua bahan hingga halus. Pulung tanaman tsb, menjadi beberapa butir dan jemur hingga kering betul. Setelah itu, ambil 1 butir bedak jerawat, beri sedikit air dan usapkan ke wajah. Biarkan beberapa waktu, setelah kering, cuci wajah anda dengan air hangat.

Jamu bebas jerawat

Bahan:
2 tanaman lenglengan (daun, batang, akar)
1 jari rimpang kunyit
1 jari rimpang temulawak
½ genggam daun sambiloto
Khasiat:
Lenglengan, kunyit, temulawak dan daun sambiloto diketahui berkhasiat membantu fungsi hati untuk membersihkan zat-zat racun dalam darah dan menyembuhkan peradangan.
Cara Membuat:
Kupas kulit kunyit dan temulawak. Lalu cuci bersih semua bahan. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga mendidih. Setelah itu api dikecilkan dan ramuan dimasak hingga airnya tinggal ½ bagian. Saring, saat akan diminum beri sedikit gula aren/madu, aduk dan minum 2xsehari, tiap hari.

Membuat obat jerawat yang diminum

Untuk berusaha mengobati kulit muka yang berjerawat, selain dengan cara penyegaran dan dengan cara memakai bedak obat jerawat, masih ada usaha lain yaitu dengan membuat ramuan yang diminum. Adapun resepnya adalah:
Temulawak kira2 : 2 kali ibu jari
Kencur kira2 : 2 kali ibu jari
Asam : 1 tangkai
Jinten : ½ sendok teh
Gula aren : secukupnya.
Cara membuatnya: bahan 1 dan 2 dikupas kulitnya dicuci bersih, bahan 3 dan 4, 5 dicampur dengan bahan 1, terus direbus dengan ½ gelas (375 cc) dan tinggalkan 1 gelas (250 cc), ramuan tsb kalau sudah hangat suam-suam kuku terus diminum.

Merawat Kulit Muka yang Berjerawat

Perawatan kulit muka atau wajah dengan menghilangkan jerawatPenyakit jerawat atau kukul yang biasanya menjangkit pada anak-anak muda, baik pria maupun wanita. Jerawat ini rasanya tidak sakit tetapi bagi yang terjangkit ini biasanya merasa malu dan berusaha menghilangkannya.
Penyakit ini antara lain disebabkan:
Kurang keluarnya keringat karena tidak pernah bekerja yang berat
Karena darah kotor
Karena pengaruh alkohol disebabkan kosmetik yang tidak cocok
Terlalu banyak makan zat minyak atau yang mengandung lemak, seperti: kacang, kedelai, kwaci, susu dan sebagainya.
Cara merawat kulit muka /wajah, teruatama yang berjerawat ada dua macam: Pembersihan yang diikuti penyegaran dan perawatan dengan memakai bedak dingin.
Cara perawatan kulit muka dengan penyegaran ialah:
Kalau akan tidur kulit muka kita gosok2 dengan irisan tomat atau dengan irisan ketimun. Pagi harinya kita mencari handuk terus masukkan ke dalam air hangat, lalu usapkan ke muka. Air hangat ini gunanya untuk menghilangkan lemak2 pada kulit muka kita.
Cara perawatan kulit muka yang kedua dengan memakai bedak dingin:
Tepung beras : ¼ liter
Tepung pati bengkoang : 2 ons
Kayu manis : ¼ ons
Kayu mesoyi : ¼ ons
Klebet : 1 sendok teh
Kencur : ¼ ons
Adas : 1 sendok teh
Buah pinang : 2 biji
Cara membuatnya: beras direndam selama 12 jam, kemudian disaring dan disiram dengan air yang bersih supaya baunya hilang. Kemudian beras ditumbuk lalu diayak agar menjadi tepung.
bahan 1 dan 2 dicampur menjadi Satu
bahan nomor 3, 4 dan 5 digoreng sampai menjadi kuning kehitam-hitaman (menjadi masak)
bahan nomor 6 dikupas, diiris tipis-tipis dan dicuci terus dijemur sampai kering, lalu bahan2 tadi digiling agar menjadi tepung ramuan, kemudian diayak diambil yang paling bagus.
Khasiat bedak obat jerawat ini adalah bagi yang berjerawat untuk mengobati jerawat, dan bagi yang tidak berjerawat untuk mencegah timbulnya jerawat.

Pisang ambon penghalus muka

Untuk mendapatkan wajah yang halus alami. Anda dapat menggunakan pisang ambon dan madu murni sebagai masker pelembab kulit. Caranya: oleskan pisang yang telah diremas-remas dan dicampur madu secukupnya pada wajah anda sebagai masker. Biarkan 20 menit, setelah itu lembabkan wajah dengan kain bersih yang telah direndam ke dalam air hangat dan terakhir bilas dengan air dingin. Resep ini baik terutama untuk jenis kulit kering, karena pisang ambon mengandung zat tepung yang dapat menyehatkan kulit. Semoga penampilan anda hari ini lebih baik dan wajah anda lebih mulus daripada hari kemarin.

Manfaat jeruk nipis

Ambil 1 buah jeruk nipis, belah lalu oleskan keseluruh muka dan leher, tunggu beberapa menit sampai kering, setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini seminggu dua kali, manfaatnya dapat membuat kulit muka bersih, halus dan mencegah jerawat.
Bila pergelangan kaki kebawah terasa lelah, rendamlah dengan air hangat yang telah diberi beberapa perasan jeruk nipis.
Biasakan siku dan lutut anda dibasuh dengan sebutir jeruk nipis, khasiatnya selain membuat putih juga kelihatan indah dan mulus.
Bila anda ingin bibir yang merah alami, belah jeruk nipis oleskan ke bibir, setelah itu diamkan sejenak. Niscaya bibir menjadi merah alami dan menawan.
Untuk mencegah dan mengurangi ketombe juga rambut rontok, rawatlah rambut anda dengan perasan air jeruk nipis. Caranya: carilah jeruk nipis lalu belah dua. Kemudian belahan jeruk nipis tersebut gosokkan pada kulit kepala tempat tumbuhnya rambut.
Jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat/teh hijau dapat menahan rasa lapar dan melangsingkan badan.
Untuk mengempiskan (mengecilkan) perut yang buncit, ambil jeruk nipis 1 sendok makan, kapur sirih basah 1 sendok teh, minyak kayu putih 1 sendok teh, ketiga bahan tsb dicampur lalu oleskan pada perut dan pinggang hingga merata. Tunggu sampai kering lalu pakailah stagen atau korset untuk mengikat.

Mengencangkan kulit muka

Pucuk daun jambu biji dapat berkhasiat mengencangkan kulit muka. Caranya mudah sekali, ambil saja lima lembar pucuk daun jambu biji, tambahkan air sedikit, lalu remas-remas daun jambu itu sampai hancur, usapkan pada kulit muka hingga rata. Biarkan kira2 5-10 menit dan bilas dengan air bersih. Hasilnya dapat anda buktikan.

Jamu penghalus kulit

Untuk mendapatkan kulit yang halus dan lembut, bukan saja dengan melakukan perawatan luar, melainkan juga harus dari dalam. Antara lain dengan minum jamu, atau ramuan tradisional lainnya, bahkan juga vitamin. Berikut resep untuk perawatan badan dari dalam.


 

 

 

Tidak ada komentar: